Jumat, 26 Desember 2008

Pengalaman saya saat menginstal LINUX Ubuntu 8.10 di Sekolah

mmhhh..kali ni saya ingin posting tentang pengalaman saya saat menginstal LINUX Ubuntu 8.10 di Sekolah saya..!!bolehkan..
Ok,saya langsung mulai aja ya...

Kalo gak salah pada tanggal 9 Desember 2008 tepatnya pukul 01.30an deh..Saya bersama rekan saya yang bernama Achmad Fauzy (http://www.lafauzi.co.cc/) mencoba menginstal komputer sekolah saya dengan menggunakan LINUX Ubuntu 8.10..pada saat kami mencoba menginstal pada komputer yang pertama,kami mengalami kendala,kendalanya yaitu kami lupa membagi partisi pada komputer tersebut (maklum kelupa'an) jadi windowsnya ke hapus deh ^^ hehe"..tapi setelah mencoba ulang kembali akhirnya kami berhasil menjalankannya dengan baik hingga 20 bahkan lebih telah terinstal oleh kami ber-2.


Jadi intinya di skolah kami 1 PC terdapat 2 OS yaitu Windows XP dan LINUX Ubuntu 8.10.kami ber-2 mengerjkannya dalam waktu 3 hari kurang karena dalam 1 hari kami hanya menginstal dalam waktu kurang dari 6 jam..jadi mau gak mau terpaksa harus nunggu hari berikutnya untuk melanjutkan installasinya.sudah begitu ada beberapa kendala lain,diantaranya:

  1. Ada beberapa PC yang Power Suply-nya dah harus diganti karena dah DoOL,
  2. Ada pula PC yang beberapa Drive CD nya lemah,kalo saya bilang seh memang dah harus diganti,
  3. Drivernya belum kepasang,jadi harus di Install dulu ^^,
  4. Ada 2 PC yang lagi di pake Oleh Salah satu guru saya yaitu Pak.Topan untuk ujian praktek ke adik2 kelas saya,jadi harus sabar dulu deh..hehe".
Setelah semua PC telah kami instal,akhirnya saya bersama rekan saya tadi berlajut pulang ke rumah,tetapi sebelum saya pulang dan baru sampai pintu keluar Lab Skolah saya,saya mendapat panggilan lagi untuk mengistall PC di Lab Electro...huhu"(mana dah mau pulang pake dipanggil lagi,emang dah tuh guru).setelah itu saya memenuhi panggilannya,dan mencoba mengistall PC yang dimintanya.saya coba menginstal PC mulai dari jam 05.00pm dan selesai pukul 07.00..lama ya..!? memang lama..kalo nginstal 1 OS seh cepet tapikan saya menginstall 2 OS,pada saat itu saya mengalami kendala lagi pada PC tersebut..yaitu,pada Partisi PC nya dah di habiskan hanya untuk Windows,sedangkan guru saya itu pengen punya 2 OS..sehingga saya harus menghapus beberapa data dan mengurangi partisi tersebut..(sebel-sebel-sebel).

Karna Allah.swt maha penyayang,maka di kirimlah (Fauzy) datang,dan akhirnya dy ngasih beberapa saran kepada saya..dan akhirnya semua telah beres terinstall dengan baik..tapi kata Guru saya "Di komputer ini banyak data-data nilai anak2 dan data kelas kamu lho" ddalam hati saya berbicara "waduh,kacau neh..kalo gak salah tadi kan ada beberapa data yang kami hapus untuk mengurangi partisi" tapi saya pikir,biarlah..toh semua juga bisa di balikin kok..paling cuma masuk ke folder Recycle Bin..hehe" maaf ya Pak.Budi.

Setelah semua telah terinstal dengan sempurna akhirnya misi saya telah selesai..huhu kami cuma dapat nilai plus Praktek Com doank.. Pak.Spp sekolah gratisin donk buat kami ber-2 ^^ kan dah di instalin..hehe"akhirnya kami beranjak pulang dari Pintu gerbang sekolah kami

>> Kayaknya cukup segitu cerita pengalaman saya tentang Instalasi LINUX Ubuntu 8.10..
terimakasih ya telah membaca..!!

NB: kalo mau pesan artikel tentang LINUX kirim ja ke e-mailqu ya di erry_erixon@yahoo.co.id






0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls