Jumat, 26 Desember 2008

LINUX Mandriva 2009.0

Kali ini Saya akan membahas Tentang LINUX Mandriva 2009.0 atas permintaan dari Bung endonezya. Sehingga apapun yang terjadi saya harus membahasnya untuk kenyamanan para pengunjung Blog saya ini.
>> alah2 udahlah saya pake bahasa biasa ja,jadi mual2 bacanya ^^
>> Yaudah kalo gitu simak baik2 ya...


Yang saya tau seh LINUX Mandriva telah merilis tiga versi distro Linux (mav ya kalo salah). Ketiganya menggunakan basis software yang sama dari kernel Linux, GNU utilities, aplikasi dan tool dari vendor. Perbedaannya terletak pada komponen tambahan paket software yang ada di ketiga versi tersebut.

Ketiga versi utama Mandriva Linux 2009 adalah Free, yang bisa di-download secara gratis dan hanya menyertakan freeware; One, yang juga gratis dan dapat dijalankan dari CD tanpa perlu memodifikasi hard disk, serta dapat diinstal ke hard disk dengan cara mengeklik ikon desktop, dan Powerpack, versi boks berbayar yang dilengkapi dengan pustaka aplikasi, beberapa di antaranya software komersial.




( Desktop LINUX Mandriva 2009.0)


Versi distro Linux juga tersedia dalam USB flash drive. Mandriva Linux 2009.0 dibangun dengan basis Mandriva Linux 2008.1, yang ditambahi dengan sejumlah komponen dan fitur anyar pada versi kernel Linux 2.6.27. Salah satu komponen apik di Mandriva 2009 adalah desktop KDE 4.1.2.

Fitur pada K Desktop Envirionment (KDE) 4.1.2 mencakup desktop shell bernama Plasma yang memungkinkan penempatan desktop plasmoid seperti task bar panel, ikon, folder, applet adan launcher; Phonon, multimedia framework baru untuk beragam aplikasi KDE ; Dolphin file manager; Okular document viewer; Dragon Player media player; dan Nepomuk, metadata framework untuk pengaturan file dan tag pada aplikasi KDE.


Pengguna yang telah terlanjur menggemari KDE 3 juga masih dimanjakan di Mandriva 2009 dengan adanya versi KDE 3.5.10. Mandriva 2009 juga menyertakan LXDE desktop, yang memiliki tampilan desktop lebih menarik lengkap dengan launcher menu dan panel, seperangkat pengontrol konfigurasi desktop, file manager, task manager, tool untuk mengonfigurasi layar, image viewer, notepad editor, dan archive manager.


Mandriva 2009 juga menyediakan Gnome desktop terbaru versi 2.24. Desktop baru ini memiliki tambahan Empathy instant messaging client; tab dan daftar yang berukuran kompak di dalam file manager Nautilus; time tracker applet; dukungan TV digital di dalam media player Totem; dan dukungan terhadap multi monitor di dalam Control Center.


Tak ketinggalan, Mandriva 2009 juga langsung dilengkapi dengan web browser Firefox 3.0.3, paket aplikasi Open Office 3, software efek Compiz Fusion 3D, dan virtualiasi Virtualbox. Mandriva yang berkantor pusat di Prancis dan kantor pengembangan di Brazil telah mendapat pasokan usulan dari sejumlah pengembang dan kontributor open-source dari seluruh dunia.
Mandriva kini menjadi salah satu distro Linux terbesar khususnya di Eropa dan Amerika Latin. Distro yang awalnya dinamai Mandrake pada tahun 1998, kemudian berubah menjadi Mandriva pada 2005 setelah bergabung dengan distro Linux asal Amerika Selatan, Connectiva.


>> Ohya sampe "LUPA", Harapan saya dari LINUX Mandriva 2009.0 adalah :


• Meningkatkan kecepatan boot
• Meningkatkan DKMS (Kernel Dinamis Module Support) manajemen
• Meningkatkan pemilihan bahasa• Kernel Linux 2.6.26
• GCC 4.3
• KATAI 2.24
• KDE 4.1
• Firefox 3.0
• OpenOffice.org 3.0
• Implementasi PolicyKit dan teknologi PackageKit
• Peningkatan Mandriva Windows Migration serta Parental Control
• Live Upgrade
• Peningkatan initscript
• Banyak peningkatan desktop


Sebenernya/sebenarnya (alah,ribet..pake bahasa sehari-hari ja deh biyar gak ribet).jadi sebnernya pada tanggal 9 Oktober 2008 kemarin, Mandriva Linux 2009 telah dirilis:
Mungkin saya telat posting kali ya..!? mav ya..!!

Kalo gitu baca ja :
>> Catatan rilisnya di:
http://www.mandriva.com/enterprise/en/company/press/mandriva-presents-its-latest-release-mandriva-linux-2009
>> ISO CD Mandriva 2009 bisa diunduh di:
ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/mandriva/2009.0/
>> Atau jika anda ingin memesan CD Mandriva 2009 secara gratis dari Toko Baliwae, silahkan kunjungi http://mandriva.baliwae.com/





0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls