Kamis, 18 Desember 2008

Open SUSE 11.1 : Proses Instalasai dan Kemudahan Administrasi

Kalo sebelumnya kan saya ngasih info tentang tampilan Desktop n kelebihan laiinnya kan?
Nah..sekarang saya ingin ngasih info tentang cara menginstalnya bagi para peminat LINUX Open SUSE 11.1 ni...


>> Proses instalasi openSUSE merupakan salah satu feature bagus yang terkenal di dunia Linux. Feature ini tetap dipertahankan pada openSUSE 11.1, dengan mengambil dasar dari openSUSE 11.0 : Tampilan yang ciamik dan proses instalasi yang lebih singkat.







  • Tampilan Baru Partitioner

>> satu feature yang berubah pada openSUSE 11.1 ini adalah perubahan pada tampilan partisi. Secara default openSUSE biasanya sudah secara otomatis melakukan deteksi partisi, namun bisa saja kita ingin mengubah formasinya. Tampilan baru ini akan memudahkan proses pengubahan partisi itu.

>> Dalam pengalaman pribadi saya, pembuatan partisi adalah satu-satunya tahapan krusial instalasi Linux distro apapun, terutama jika kita ingin menjaga data yang ada agar tidak hilang. Hal ini dipenuhi dengan baik oleh openSUSE. Saya bahkan pernah melakukan instalasi openSUSE pada harddisk yang sudah terisi penuh oleh Windows. openSUSE secara cerdas mampu mengenalinya dan menawarkan untuk melakukan modifikasi pada jumlah partisi free di Windows (resize partisi secara otomatis) dan hasilnya digunakan untuk Linux.











>> Tampilan baru partisi ini merupakan hasil dari testing kemudahan penggunaan (usability testing), dan dilakukan untuk mengakomodasi keperluan berbagai tipe user pengguna.
Proses instalasi openSUSE 11.1 selengkapnya dapat dicheck pada halaman wiki Installation Walkthrough (Beware : banyak screenshot dengan kualitas resolusi yang tinggi yang mungkin akan cukup lama diload).
  • Konfirmasi Driver dengan Smolt
>> Pada saat pertama kali login setelah install, openSUSE akan menanyakan apakah kita bersedia mengirimkan spesifikasi komputer yang kita gunakan ke Proyek Smolt. Smolt adalah proyek yang didukung oleh Fedora dan openSUSE yang bertujuan mengumpulkan informasi hardware yang digunakan untuk memudahkan pembuatan driver. Kumpulan data spesifikasi ini dapat digunakan untuk menekan para vednro hardware untuk merilis dan memberikan support pada Linux mengingat ada data resmi bahwa hardware mereka digunakan dan berjalan diatas sistem operasi Linux. Pada akhirnya, proyek ini akan membantu meniadakan dan masalah driver yang biasanya menghantui Linux.

>> Mendapatkan jumlah pengguna hardware tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk memastikan prioritas pembuatan driver tertentu. Hal ini akan mengurangi pekerjaan lama memilah driver mana yang harus didahulukan.

Penanganan dan Administrasi Software
  • Recommended Software
>> Selain penggunaan YAST untuk administrasi aplikasi secara GUI, Zypper untuk manajemen secara konsole dan One-Clik-Install untuk instalasi online, openSUSE 11.1 juga menambahkan feature pencarian suatu software tertentu.

>> YAST sekarang mampu merekomendasikan software tertentu dengan membaca karakteristik aplikasi yang diinstall. Paket tersebut tidak dibutuhkan dalam hal dependency tapi jika diinstall akan memberikan tambahan kemampuan.
  • KDE Updater Terbaru

>> Pengguna KDE kini memiliki cara baru memastikan sistemnya upd to date. openSUSE memperkenalkan PackageKit. packageKit akan memastikan openSUSE sama dengan distro lain dalam hal melakukan update sistem KDE dengan tambahan feature dan kemampuan sesuai ciri khas openSUSE selama ini.





0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls