Sabtu, 21 Maret 2009

Engine baru OPERA saingi CHROME dan FIREFOX

Versi mendatang Opera sepertinya akan lebih cepat dua setengah kali daripada versi Opera yang ada sekarang. Kecepatan lebih Opera dapat diraih karena Carakan, sebuah ECMAScript/java Script yang sedang dikembangkan untuk browser internet ini, Carakan meninggalkan jauh Opera 10 Alpha Presto 2.2.

Tujuan carakan untuk menjadi engine browser tercepat yang ada di pasaran. Terlepas tujuan Opera yang sepertinya sangat sulit diwujudkan dimana Google dan Mozila juga mempunyai tujuan akhir sama untuk Chrome dan FireFox.

Dengan menggunakan reguler cross-platform switch dispatch (tanpa kode native yang di-generate) Carakan akan lebih cepat dua setengah kali pada benchmark sunSpider, lebih cepat dari engine ECMAScript pada presto 2.2 yang digunakan oleh Opera 10 Alpha. Walaupun native code generation pada Carakan belum siap untuk tes penuh, tapi pada saat tes individual bencmark menunjukan bahwa Carakan sudah kompatible dengan kecepatan 5 sampai 50 kali lebih cepat.

Lebih jauh lagi, Carakan tidaka akan mengendalikan bytecode execution yang lebih cepat, tapi Opera akan mengoprek engina akan mampu menggabungkan banyak program dan fungsi menjadi natif code. Sayangnya, Opera tidak terburu-buru mengimplementasikan Carakan EcmaScript/JavaScript engine, paling tidak Carakan akan digunakan setelah Opera 10.





0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls