Jumat, 16 Januari 2009

Merdeka bersama LINUX

Anda mungking pernah mendengar pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini,atau anda sendiri pernah berfikir untuk bertanya hal-hal serupa.

- Apa itu LINUX,Free Software,dan OpenSource,dan apa hubungannya dengan windows ?
- Buat apa pakai LINUX, Kalau dengan windows sudah bisa ?
- Dapatkah LINUX membaca file-file Office di Windows ?
- Dapatkah LINUX sebagai aplikasi sistem operasi manajement ?
- Dapatkah LINUX menjadi tulang punggung jaringan kantor ?
- Dapatkah LINUX befungsi sebagai komputer multimedia ?
- Dapatkah LINUX menjalankan program-program sains dan rekayasa ?
- Kalau LINUX bisa,buat apa membeli mahal atau membajak Windows ?

Jika benar anda ingin tau semua itu, mudah-mudahan tulisan berikut ini dapat menjawabnya.Jawabnya juga akan anda dapatkan dari penulis/pembicara lain,atau anda temukan di INTERNET.

Merdeka:
Lisensi LINUX,Windows dan Macintosh Mulanya,LINUX yang pertama kali dikembangkan oleh LINUS TORVALDS, LINUS TROVALDS adalah nama karnel, atau inti dari sistem operasi komputer.Kini,Jika anda menyebut LINUX, praktis anda mengarah kepada sebuah sistem operasi yang lengkap. Kalau kita membeli CD Linux, artinya kita membeli sebuah sistem operasi plus aplikasi office,multimedia,internet,dan lain-lain. jadi,sebagai sistem operasi,LINUX mirip dengan MS Windows dan APPLE MACINTOSH.

Lalu apa bedanya ?
Jika anda membeli CD Windows yang asli, Anda baru mendapakan sebuah sistem operasi, belum termasuk aplikasi MS Office,pengolahan gambar photoshop,Tool pemprogaman Visual Basic,server database MS SQL,server e-mail Exchange, dan lain-lain. Tapi,jika anda membeli CD-CD bajakan,barangkali harga dan isinya tidak beda jauh dengan LINUX.

Lalu apa lagi bedanya ?
Lisensi LINUX adalah non-proprietary.istilah lain yang berhubungan dengan lisensi LINUX adalah Open Source,free Software,dan GPL (GNU General Public Licence) secara bersama biasa disebut FOSS (Free Open Source Sotware).Arti semuanya hampir sama.Anda bebas menggunakan,mempelajari dan mengembangkan (karena tersedia Source code-nya),serta menyebarluaskan,untuk kegunaan apa saja,dan untuk digunakan apa saja.

Windows,Machintosh,dan Program Proprieary lainnya adalah closed source,non free software,dan pasti non-GPL. Free disini singkatan dari Freedom,yang bermakna kebebasan atau kemerdekaan atau kemerdekaan.bisa gratis tapi tidak harus gratis.

Lisensi itu apa saja ?
Lisensi open Source software tidak hanya GPL. Ada lebih dari 50 jenis lisensi open source atau free software yang dapat anda lihat di http://www.opensource.org/ atau http://www.fsf.org/ atau http://www.gnu.org/ sedangkan Lisensi Windows tertulis dalam dokumen EULA (End User License Agreement) dalam CD/DVD Windows, misalnya anda hanya dibolehkan menggunakan dan dilarang menyewakan. Belum lagi jika ada embargo karena alasan politik dan perdagangan, maka nilai sebuah lisensi bisa menjadi tak tehingga.






0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls